Minggu, 24 Juli 2011

Program Beasiswa Unggulan

Kemarin, Jumat, 22 Juli 2011, gue ikut Seminar Peningkatan Kapasitas dan Evaluasi Akademik Mahasiswa. Seminarnya diadain di Universitas Gunadarma yang di Depok. Gue bisa ada di seminar itu karena di undang sama Gunadarma, soalnya waktu PPSPPT, kayak pengenalan kampus gitu, semua disuruh ngisi questioner, terus disitu ada kolom prestasi yang pernah dicapai. Nah, karena prestasi yang paling gue inget itu waktu Juara II Tari Bali pas masih SD, ya udah gue tulis aja. Eh taunya gue malah jadi salah satu anak yang dipanggil buat di undang hadir di seminar itu.

Jadilah gue kesana sama temen gue, Shasha, n nyokap. Sekedar informasi kalau daerah rumahnya kayak gue. Kita naik bis nomer 9BT dari tol jatibening, terus turun di perempatan pasar rebo, nyebrang sedikit, terus naik angkot merah no 19. Liat ke sebelah kanan aja terus, takutnya kelewatan, soalnya gapura gunadarma nya warna abu-abu jadi gak eye cathing.

Sekarang gue mau share sedikit yang gue dapet dari seminar itu ya ..

Jadi, Beasiswa Unggulan adalah pemberian bantuan biaya pendidikan oleh pemerintah Indonesia atau pihak lain berdasarkan atas kesepakatan kerja sama kepada putra-putri terbaik Bangsa Indonesia dan mahasiswa asing terpilih. Jenis-jenis beasiswanya antara lain:

1. BU Program Sarjana. ini untuk lulusan berprestasi dari SMA, SMK, dan MA.
2. BU Program Magister. ini untuk lulusan sarjana (S1) atau sederajat.
3. BU Program Doktor. ini untuk lulusan magister (S2) atau sederajat.
4. Beasiswa Tunjangan Kreatifitas. untuk peserta didik pemenang kejuaraan tingkat Internasional dalam berbagai bidang.
5. Beasiswa Mahasiswa Asing. dari judulnya aja uda ngerti kan, dan diutamakan untuk Negara Palestina.
6. Beasiswa untuk Studi Lanjut. ini untuk olahragawan berprestasi tingkat nasional, internasional, serta pemenang olimpiade sains, seni dan iptek.
7. Beasiswa Ulung. ini program khusus untuk akselerasi penyelenggaraan Fasttrack.
8. Beasiswa Kemitraan. dengan pihak industri terkait seperti BU-CIMB Niaga, BU-BRI, dll.
9. P3SWOT. untuk Peneliti, Penulis, Pencipta, Seniman, Wartawan, Olahragawan, dan Tokoh.
10. Beasiswa Kemitraan Alumni. ini untuk pembinaan alumni program beasiswa unggulan.

Beasiswa di atas tentunya bisa didapat dengan syarat-syarat yang sesuai dengan jenjangnya ..
S1> rata-rata UN min 7,5>IPK min 3.00>TOEFL min 450>dan tentunya prestasi.
S2> IPK min 3.25>TOEFL 500
S3> IPK min 3.25>TOEFL 550

Kalau ada dari temen'' yang berminat, cara pendaftarannya bisa manual and online. Kalau manual, kalian datang ke PTN atau PTS nya dengan membawa semua persyaratan, sama bukti prestasi yang uda pernah kalian capai sesuai ketentuan tapi ya. Kalau online, kalian tinggal buka www.beasiswaunggulan.kemdiknas.go.id ..

Selamat mencoba ya !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar